Blackberry Q5 - Review, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru

Review, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru Blackberry Q5 Smartphone Android - One Stop Pulsa | BlackBerry Q10 bukan satu-satunya perangkat berbasis BlackBerry 10 dengan keypad fisik yang dirilis pada tahun 2013 ini. Di pertengahan tahun, perusahaan asal Kanada ini memperkenalkan "adik" dari Q10 yang diberi nama Q5. Berbeda dari sang kakak, Q5 masuk ke kategori low to mid. Melalui produk ini, BlackBerry berharap, perangkat tersebut dapat mengakomodir keinginan konsumen yang menginginkan produk BlackBerry 10 dengan harga yang terjangkau. Namun, harga dari Q5 sendiri sebenarnya dapat dikatakan cukup mahal untuk kantung konsumen di Indonesia. Ia dibanderol dengan harga sekitar Rp 4 juta.

Desain Blackberry Q5

Review, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru Blackberry Q5 Smartphone Android

Gemar mengetik atau membuat dokumen pekerjaan melalui perangkat BlackBerry? Jika ya, BlackBerry Q10 adalah jawabannya. Produk tersebut hadir dengan keypad fisik yang empuk, menjamin kenyamanan setiap penggunanya. Bagaimana dengan Q5? Sayangnya, produk yang satu ini tidak mewarisi keyboard empuk yang dimiliki sang kakak. Keypad tersebut cukup keras untuk ditekan, mirip dengan keypad milik BlackBerry Curve (banyak dikenal dengan nama kode Gemini) bagi Anda yang pernah mencobanya. Keypad juga menimbulkan bunyi yang cukup berisik jika ditekan. Namun, secara garis besar, pengalaman mengetik di perangkat ini masih lebih nyaman dibandingkan BlackBerry "Gemini". Meski kurang sempurna jika dibandingkan Q10, keypad ini masih lebih nyaman digunakan dibandingkan di keyboard virtual yang terdapat di perangkat layar sentuh penuh semacam Z10. Hanya diperlukan sedikit pembiasan diri agar kegiatan pengetikan di Q5 menjadi lebih nyaman.

Ukuran dari perangkat ini tidaklah terlalu besar, bisa dikatakan cukup mungil. Ia memiliki dimensi 120 x 66 x 10.8 mm. Dengan ukurannya ini, BlackBerry Q5 dapat digenggam dengan satu tangan. Sama seperti Q10, produk baru ini sudah tidak dilengkapi dengan touchpad atau trackball untuk kegiatan navigasi. Navigasi dapat dilakukan dengan menyentuh layar atau keypad. Layar perangkat ini responsif dan peka ketika disentuh. Tidak berbeda dari Q10, Q5 dipersenjatai dengan layar seluas 3,1 inci resolusi 720 x 720 piksel, dan ketajaman layar 328 pixel per inci (ppi). Yang membedakannya dengan Q10 adalah jenis layar yang digunakan. Q10 menggunakan panel layar SuperAMOLED, sedangkan Q5 hadir dengan panel layar LCD. Meski panel layarnya tidak sebaik Q10, Q5 tetap mampu menghadirkan gambar yang tajam, terang, dan mampu menampilkan berbagai warna dengan baik.

Layarnya memang cukup kecil, jika dibandingkan dengan ponsel pintar baru merk lain yang beredar di pasaran. Namun, layar ini bakal memberikan pengalaman yang bernavigasi yang nyaman bagi Anda. Untuk meraih ujung layar, Anda bisa melakukannya dengan satu jempol tangan. Pengguna juga tidak repot-repot memegang perangkat ini dengan dua tangan. Kekurangan dari bentang layar ini, Q5 kurang mengasyikan dipakai untuk aktivitas multimedia atau hiburan. Layar seluas 3,1 inci tak akan memberi kepuasan dalam bermain game atau menonton video, apalagi layar ini berbentuk kotak persegi. BlackBerry tampaknya lebih mendesain perangkat ini untuk kepentingan pekerjaan, dibandingkan kegiatan hiburan multimedia. Layar ini hanya dapat menampung 12 ikon aplikasi, terdiri 4 ikon diletakkan secara horisontal dan 3 ikon secara vertikal. Jika pengguna mengunduh lebih dari 12 aplikasi, ikon-ikon tersebut akan diletakkan di halaman berikutnya. Setelah banyak membahas bagian depan, kini kita bahas bagian belakang. Berbeda dari Q10 yang hadir dengan material yang terlihat premium, Q5 memiliki material satu kelas di bawahnya. Ia menggunakan materi plastik, sedikit licin ketika dipegang.

Lalu, di mana kartu SIM diletakkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita bergerak ke sisi kiri perangkat. Di bagian ini, terdapat dua buah slot yang ditutup rapat. Pada slot pertama atau paling kiri, pengguna bisa memasukkan kartu microSD. Kapasitas kartu yang didukung hingga 32 GB. Baru di slot paling kanan, Anda bisa memasukkan kartu SIM. Sedangkan port teratas digunakan untuk kabel data dan charge. Di sisi kanan, terdapat tombol voice control yang diapit oleh tombol pengatur volume. Di sisi atas ada tombol power dan audio jack 3.5mm. Sedangkan di sisi bawah, terdapat speaker dan microphone.

Fitur dan Performa Blackberry Q5

Review, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru Blackberry Q5 Smartphone Android

BlackBerry Q5 memakai prosesor Qualcomm Snapdragon S4 jenis dual-core 1,2 GHz Krait dan RAM 2 GB. Media penyimpanan internal yang disediakan oleh BlackBerry untuk perangkat ini adalah sebesar 8 GB, yang dapat ditingkatkan dengan kartu micro SD dengan kapasitas hingga 32 GB. Secara umum, Q5 dapat berjalan mulus dan gegas ketika membuka aplikasi atau sekadar berpindah halaman. Menonton video juga dapat berjalan mulus di perangkat ini. Anda dapat menjalankan game kelas menengah. Tetapi, sekali lagi, Anda tak akan puas bermain game atau video di layar 3,1 inci dengan aspek rasio 1:1. Pada perangkat Q5 yang KompasTekno terima, tombol power yang terletak di bagian atas sedikit keras ketika ditekan. Hal ini sedikit menyulitkan ketika ingin bergegas menghidupkan layar dari keadaan home. Namun, hal tersebut dapat diantisipasi dengan memanfaatkan fitur BlackBerry 10. Anda cukup menyapu jari dari bawah ke atas layar ketika layar sedang dalam keadaan sleep. Dengan menggunakan cara tersebut, layar otomatis akan langsung menyala. Gestur serupa juga berlaku jika Anda ingin kembali ke tampilan utama (home). Jika Anda terus-menerus menyapu jari ke kanan, Anda akan bertemu dengan BlackBerry Hub. KompasTekno sangat menyukai fitur ini, karena ia menjadi pusat notifikasi dan kotak masuk untuk BBM, SMS, e-mail, panggilan telepon, serta aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya. Cukup mengunjungi BlackBerry Hub, Anda bisa melihat semua notifikasi yang masuk. Anda juga akan menemukan halaman penampung aplikasi yang berjalan di background. Fitur ini menawarkan kemudahan multi-tasking, sehingga bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Jika Anda menyapu layar dari atas ke bawah, akan muncul kotak untuk mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, Alarm, serta masuk ke Notification dan Settings. BlackBerry membawa serta aplikasi perkantoran Docs To Go di perangkat BlackBerry 10. Ia dapat membuat, membuka, dan mengedit dokumen Microsoft Word dan Excel. Sementara untuk dokumen PowerPoint, Docs To Go hanya dapat membuka dan mengedit saja.

Baterai Q5 memiliki kapasitas sebesar 2.180 mAh. Ini lebih besar 80 mAh dari BlackBerry Q10 dan 380 mAh dari Z10. Kombinasi antara layar yang tidak terlalu besar dan kapasitas baterai yang besar, membuat konsumsi baterai dari Q5 lebih irit. Dari pengalaman memakai Q5 untuk kegiatan pekerjaan, ponsel ini dapat bertahan seharian, tepatnya sekitar 13 hingga 15 jam. Sebenarnya, waktu hidup sebuah ponsel tergantung pada pemakaian. Semakin sering menggunakan telepon, memainkan video, atau mengakses layanan yang berhubungan dengan internet, maka baterai akan cepat habis. Anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk mengisi daya baterai Q5 hingga terisi penuh.

Spesifikasi Blackberry Q5



GENERALNetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
LAYARTipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran720 x 720 pixels, 3.1 inches (~328 ppi pixel density) Multitouch
DIMENSIUkuran/Berat120 x 66 x 10.8 mm / 120 g
AUDIOFiturVibration, MP3 ringtones
Jack3,5 mm Jack Audio
SpeakerphoneYa
MEMORYInternal8 GB, 2 GB RAM
EksternalmicroSD, up to 32 GB
DATA3GDC-HSPA+, 42 Mbps; HSDPA; LTE, Cat3, 50 Mbps UL, 100 Mbps DL
EDGEYa
GPRSYa
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
BluetoothYa, v4.0 with A2DP, LE
InfraredTidak
USB/PortYa, microUSB v2.0
KAMERAPrimer5 MP, 2592?1944 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, image stabilization
SekunderYa, 2 MP, 720p
Video RecordYa, 1080p@30fps, video stabilizatio
BATERAITipeNon-removable Li-Ion 2180 mAh battery
Standby(2G) / Up to 336 h (3G)
Talk Time(2G) / Up to 12 h 30 min (3G)
FITUROSBlackBerry 10 OS, upgradable to v10.1
CPUQualcomm Snapdragon 4 CPU Dual-core 1.2 GHz Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass
BrowserHTML5
GPSYa, with A-GPS
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
JavaYa, MIDP 2.1, Fitur tambahan: - SNS integration, NFC, - BlackBerry maps - Organizer - Document viewer - Photo viewer - Voice memo/dial - Predictive text input
FITUR LAINMultiple SIMTidak
Video PlayerXvid/MP4/WMV/MKV/H.263/H.264 player
MP3 PlayerMP3/WMA/WAV/eAAC+ player
Audio RecordYa
TVTidak

Harga Blackberry Q5 Termurah

Smartphone Blackberry Q5 ini dibandrol di pasaran dengan harga Rp 4.199.000

Referensi Review, Spesifikasi dan Update Harga :