Tips Ampuh Menghemat Paket Data Internet dengan Mudah

OneStopPulsa.com - Cara Ampuh nan Mudah Menghemat Paket Data Internet Agar Tidak Boros Pulsa. Penggunaan berbagai jenis gadget dan smartphone akan senantiasa berhubungan dengan penggunaan koneksi internet. Dengan terhubung internet, smartphone akan menjalankan fungsinya sebagai telefon yang menunjang kebutuhan hiburan, informasi dan komunikasi bagi penggunanya.

Dengan banyaknya jenis aplikasi yang terpasang di handphone canggih ini, memungkinkan penggunaan pulsa elektrik juga semakin besar. Biasanya, pulsa internet paket data ini digunakan untuk aplikasi media sosial, messenger, browsing, email, streaming video, hingga permainan (game) online.

Cara Ampuh nan Mudah Menghemat Paket Data Internet Agar Tidak Boros Pulsa

Kebutuhan internet yang digunakan melalui telefon genggam menjadi suatu kebutuhan. Terkadang ada rasa kurang dalam keseharian jika tidak menggunakan smartphone yang tidak terkoneksi dengan internet.

Begitu pula dengan kebutuhan pekerjaan, terkadang memang membutuhkan gadget yang terkoneksi dengan internet untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor. Bagi mereka yang masih duduk di bangku belajar, kebutuhan internet digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah atau kuliahnya.

Begitu banyaknya kebutuhan akan koneksi internet menyebabkan kuota data internet menjadi kebutuhan penting yang harus dipenuhi saat ini. Agar paket data internet tidak boros, ada beberapa tips cara menghemat penggunaannya agar pengeluaran permata pulsa Anda bisa ditekan secara efektif.

7 Cara Mudah Menghemat Kuota Paket Data Internet

  1. Tidak mengaktifkan semua aplikasi media sosial pada smartphone
    Bagi yang menyukai aktivitas di media sosial, smartphone terkadang ter-install lebih dari dua jenis aplikasi media sosial yang aktif. Agar pemakaian paket data internet menjadi lebih hemat, jangan mengaktifkan berjalannya semua aplikasi tersebut secara bersamaan. Cukup aktifkan hanya ketika dipakai saja, sehingga tidak menyedot banyak kuota data secara percuma.
  2. Update aplikasi dan mengunduh file menggunakan fasilitas Wi-Fi
    Banyaknya aplikasi yang terpasang pada telepon canggih, memberikan konsekuensi untuk sering melakukan update aplikasi agar saat digunakan tidak mudah hang atau mengalami bug.
    Melakukan update aplikasi ini pastinya membutuhkan koneksi internet dengan menyedot banyak kuota. Untuk lebih hemat, lakukan update tidak menggunakan kuota data yang dimiliki, melainkan menggunakan fasilitas Wi-Fi yang ada di tempat-tempat yang memberikan layanan gratis. Begitu juga untuk kebutuhan download file, lebih baik menggunakan Wi-Fi gratis tersebut.
  3. Memilih tipe paket data sesuai kebiasaan dan kebutuhan
    Untuk menghemat data dalam membeli paket kuota data di padi reload, maka perlu dipilih tipe paket data sesuai kebutuhan saja. Lebih baik manfaatkan Wi-Fi semaksimal mungin jika berada di tempat yang menyediakannya secara gratis.
    Perlu juga mempelajari penggunaan internet diri sendiri agar bisa menjadi hemat kuota data. Hal ini cukup membantu dalam menentukan tipe paket yang cocok sesuai kebutuhan. Jadi jangan membeli paket data secara berlebihan jika memang kurang membutuhkannya.
  4. Menggunakan aplikasi peramban (browser) yang tepat
    Aplikasi peramban (browser) yang tepat adalah yang bisa menghemat data. Bagi yang seringkali browsing internet baik untuk membaca berita atau mengakses informasi, pasti seringkali menggunakan aplikasi peramban. Agar lebih berhemat gunakan peramban yang secara otomatis bisa memblok iklan di laman yang dituju serta aktifkan data saver saat browsing.
  5. Memperhatikan kondisi jaringan sebelum memulai menggunakan internet
    Kondisi jaringan yang baik akan memperlancar arus informasi dan komunikasi. Sebelum menggunakan internet, bisa dilihat kondisi jaringan yang sedang berjalan. Jika kondisi jaringan operator selular baik akan mampu menghemat data dibandingkan dengan saat kondisi jaringan buruk.
  6. Mematikan paket data internet saat beristirahat
    Saat tidur atau beristirahat, matikan konektifitas data operator selular yang berjalan pada smartphone. Selain menghemat kuota data, hal lebih menyehatkan karena mengurangi intensitas radio gelombang elektromagnetik dari sinyal internet yang ada.
  7. Mengatur batas penggunaan paket data
    Agar lebih mengontrol penggunaan kuota data dari kartu selular yang digunakan, alangkah baiknya jika melakukan pengaturan terhadap batas penggunaan paket data. Pengguna smartphone akan diberikan notifikasi sebagai peringatan jika paket data yang digunakan pada periode tertentu melewati batas.

Menghemat paket data internet bukan berarti mengurangi aktivitas berseluncur dengan internet. Namun sebagai pengguna smartphone yang cerdas, jangan sampai uang yang dimiliki banyak digunakan hanya untuk keperluan koneksi internet saja.

Penggunaan paket kuota data internet yang cermat dan efisien mampu mengurangi anggaran pengeluaran, sehingga uang yang dimiliki bisa ditabung atau digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting untuk masa depan.


Sumber : economy.okezone.com/read/2016/08/01/320/1451745/7-cara-hemat-paket-data-internet-agar-tidak-boros-uang

Iklan Atas Artikel


Cara Daftar Jadi Agen Kuota Morena Pulsa Termurah

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel