Tips Pemakaian Data dan BB Roaming Telkomsel

Tips Pemakaian Data dan BB Roaming Telkomsel | One Stop Pulsa - Anda sering bepergian ke luar negeri? Sudah pernah merasakan kantong jebol akibat lupa terkena roaming internasional? Pengin lebih hemat ketika menggunakan paket data ataupun BB ketika di luar negeri? Ikuti tips pemakaian data dan BB dari Telkomsel berikut ini :

  1. Sebelum Anda menggunakan Layanan Data Roaming di Luar Negeri, pastikan bahwa Anda sudah memilih Jaringan atau Operator yang sesuai dengan pilihan paket Anda di menu *266#. Pentingnya memilih Jaringan atau Operator yang tepat dan sesuai untuk menghindari biaya Tarif Normal GPRS yang berlaku di Non-Preferred Operator.

    Sebagai Contoh :
    • Ketika anda berada di Singapore, pilihlah Jaringan atau Operator SingTel (secara manual) yang sudah memiliki kerjasama khusus dengan Telkomsel. Anda hanya akan terkena biaya sesuai paket yang anda pilih.
    • Ketika anda masih berada di Singapore, dan Anda belum memilih Jaringan atau Operator SingTel secara manual (Handset masih dalam Automation mode), maka ketika Anda masuk ke Jaringan selain Operator SingTel (misal : StarHub), maka anda akan dikenakan Tarif Normal GPRS yang berlaku di Operator StarHub.
  2. Untuk memastikan Anda tidak pindah Jaringan atau Operator dan memilih Operator yang sesuai dengan pilihan paket Anda di *266#, berikut adalah tipsnya :
    • Pilihlah Jaringan atau Operator tersebut dengan cara Manual (Bukan secara Otomatis). Pemilihan Jaringan atau Operator secara Manual dapat membantu agar pelanggan tetap berada di operator yang diinginkan. Cara setting manual Handphone adalah sebagai berikut :
      • Blackberry
        Buka Menu Option > Pilih Network and Connections > Pilih Mobile Network > Ganti Network Selection Mode dari Automatic menjadi Manual > Pilih operator sesuai yang diinginkan
      • iPhone
        Buka aplikasi Setting > Pilih Carrier > Ubah menu Automatic menjadi Off > Pilih Network sesuai dengan yang diinginkan
      • Android
        Buka Settings > Pilih wireless and network > Pilih mobile networks > Pilih network operators > Search networks > Pilih operator roaming partner
      • Others
        Buka Menu > Setting > Phone Setting > Network Selection > Manual > Pilih Network sesuai dengan yang diinginkan
    • Pemilihan secara Otomatis (Auto mode) maka Jaringan atau Operator bisa berpindah apabila sinyalnya lemah atau tidak ada secara otomatis (tanpa konfirmasi ke anda).
  3. Untuk kepastian keberhasilan pembelian data roaming Anda melalui *266#, lakukan pembelian paket data di Indonesia sebelum anda berangkat walaupun pembelian paket juga bisa dilakukan ketika sudah berada di luar negeri.

  4. Perhatikan Pemberitahuan berikut dari Telkomsel :
    • Masa berlaku paket anda sesuai dengan SMS pemberitahuan oleh Telkomsel
    • Pemberitahuan bahwa paket sudah tidak berlaku lagi
    • Pemberitahuan penggunaan setiap 5 Mb adalah indikasi bahwa pelanggan menggunakan tariff normal, sehingga perlu segera dilakukan pengecekan operator yang dipilih
    • Pemberitahuan telah pindah ke operator yang tidak bekerja sama adalah informasi ketika pelanggan masuk ke Operator dimana paket data yang dibeli tidak berlaku
    • Pemberitahuan pada pembelian volume based, yaitu ketika pelanggan membeli paket Volume based dimana Telkomsel memberitahuan penggunaan 80% dan 100% terhadap volume yang dibeli, sehingga untuk volume diatas tersebut akan ditagihkan sesuai harga standart
  5. Terkait komplain penggunaan data roaming saat di luar negeri, anda dapat mengirimkan sms ke 1111 berisi diskripsi keluhan data atau telpon ke 1111/628210000333
Oke, itu tadi Tips Pemakaian Data dan BB Roaming Telkomsel. Jangan lupa, buat yang pakai prabayar, isi dulu pulsa elektrik biar ndak bengong di tujuan. Anda bisa mendapatkan harga pulsa termurah di web distributor pulsa murah di kota-kota terdekat dengan Anda.

Iklan Atas Artikel


Cara Daftar Jadi Agen Kuota Morena Pulsa Termurah

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel