Sony Xperia Z Ultra - Review, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru

Review, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru Sony Xperia Z ultra Smartphone Android - One Stop Pulsa | Pertama kali melihat Sony Xperia Z Ultra, dimensi fisiknya yang terbilang luar biasa besar akan segera menyita perhatian. Dengan bentang layar mencapai 6,4 inci, perangkat ini bisa salah dikira sebagai tablet. Pembuatnya sendiri, Sony, menyebut Xperia Z Utra sebagai smartphone, meski mungkin lebih tepat disebut sebagai "phablet", mengacu pada sebuah kategori perangkat yang lebih besar dari smartphone tetapi masih lebih kecil dari tablet. Jadilah ia salah satu ponsel pintar terbongsor yang beredar saat ini.

Desain Sony Xperia Z Ultra

Review, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru Sony Xperia Z Ultra Smartphone Android

Ukuran luar biasa dari Xperia Z Ultra semakin terasa saat ia disandingkan dengan Xperia Z, tanpa embel-embel "ultra". Meski sebenarnya termasuk besar dengan bentang layar 5 inci, flagship terdahulu dari Sony itu tampak mungil di samping Xperia Z Ultra. Untunglah, meski berukuran besar, Xperia Z Ultra ternyata masih terbilang enteng. Berat perangkat ini yang mencapai kisaran 200 gram terasa ringan dibanding bodinya yang bongsor. Bobot Xperia Z Ultra hanya berselisih sekitar 60 gram dibanding Xperia Z. Xperia Z Ultra pun tampak sangat ramping dengan ketebalan hanya 6,5 mm. Ia lebih tipis dibandingkan Xperia Z (7,9 mm), dan bahkan termasuk salah satu ponsel tertipis di dunia yang hanya berselisih sedikit dari Huawei Ascend (6,2 mm).

Di luar ukurannya itu, tampang Xperia Z Ultra sendiri tak jauh berbeda dibanding smartphone Xperia seri atas lainnya dari Sony, dengan desain kotak yang terlihat sedikit kaku. Sisi depan dan belakang perangkat ini berwarna hitam dan dilapis kaca mengilap. Sony juga menyediakan varian lain dengan bagian belakang berwarna putih dan ungu. Kombinasi fisik tipis, ukuran besar, dan lapisan kaca licin membuat Xperia Z Ultra agak sulit digenggam. Bagian muka Xperia Z Ultra tampak simple, dengan tiga buah softbutton "home", "return" dan satu lagi yang akan menampilkan jendela multitasking. Logo Sony terletak di sisi atas bagian depan dan belakang, di bawah unit kamera yang hadir tanpa lampu flash. Sisi samping perangkat ini pun relatif "bersih" karena hampir semua konektor disembunyikan di balik penutup khusus yang kedap debu dan air. Xperia Z Ultra memang mengusung kapabilitas anti-air, yang menjadi salah satu kelebihannya dibanding produk sejenis.

Bagian kanan Xperia Z Ultra membuat tombol power, pengatur volume, konektor jack audio 3,5 mm, serta slot micro-SIM card dan micro-SD. Sebuah nampan mungil digunakan sebagai tempat micro-SIM yang akan disisipkan ke dalam ponsel. Meski juga dipakai oleh sejumlah ponsel lain yang juga mengusung desain unibody, cara ini terasa agak merepotkan, terlebih karena slot SIM card terletak di balik penutup anti-air. Untunglah, nampan micro-SIM milik Xperia Z Ultra bisa diakses dengan mudah tanpa memakai alat khusus, cukup diraih dengan kuku jari saja. Port micro-USB terletak di sisi kiri dan juga tersembunyi di balik penutup khusus. Pengguna harus membuka penutup ini setiap kali akan menghubungkan kabel USB ke ponsel.

Tak bisa dipungkiri, daya tarik utama ponsel ini terletak pada layarnya. Resolusi yang diusung memang sama dengan smartphone kelas atas lain dari Sony (1920x1080), tapi produsen itu agaknya sedikit melakukan scaling user interface untuk mengoptimalkan display lega milik Xperia Z Ultra. Pada gambar di bawah, misalnya Xperia Z tampak mungil dibandingkan Xperia Z Ultra. Secara default, Xperia Z Ultra juga mampu menampung jumlah icon aplikasi yang lebih banyak di deretan shortcut yang terletak di atas tombol "home", meski dengan ukuran icon yang lebih kecil.

Dengan menerapkan scaling tersebut, Sony Xperia Z Ultra mampu menampilkan lebih banyak konten di layar dibandingkan smartphone lain yang memiliki resolusi sebanding. Ini sangat terasa ketika pengguna melakukan hal-hal, seperti berselancar di web. Tampilan Sony Xperia Z Ultra terlihat lebih lega dibanding smartphone lain. Akan tetapi, karena scaling user interface ini, Xperia Z Ultra menampilkan teks berukuran relatif kecil. Bandingkan tulisan keterangan tanggal pada gambar perbandingan dua smartphone di atas. Aplikasi-aplikasi pihak ketiga pun bisa bermasalah dengan hal tersebut. Aplikasi terkenal semacam Twitter dan Google Maps bisa beradaptasi dengan baik, namun tampilan beberapa judul lainnya, seperti benchmark dalam screenshot di bagian "Performa" dari artikel ini, menampilkan font dalam ukuran yang relatif kecil dibanding ukuran layar sehingga agak sulit dibaca. Situ web versi mobile dari sejumlah situs pun bisa terlhat seperti "melar" karena efek scaling tadi. Ketika dipakai bermain game atau menonton video, Layar Xperia Z Ultra mampu memukau penggunanya. Selain karena ukurannya, teknologi Triluminos yang diterapkan Sony pada ponsel ini benar-benar mampu menghasilkan tampilan berkualitas tinggi, dipandang dari sudut manapun. Secara subyektif, display Xperia Z Ultra bisa dikatakan sedikit lebih baik dibandingkan Xperia Z. Kontrasnya tinggi, menampilkan warna hitam dengan sangat pekat. Warna-warna pun cemerlang tanpa mengalami oversaturation seperti yang terjadi pada beberapa jenis display AMOLED.

Fitur dan Performa Sony Xperia Z Ultra

Review, Spesifikasi dan Update Harga Terbaru Sony Xperia Z Ultra Smartphone Android

Ponsel lain mungkin ada yang ukurannya menyaingi Xperia Z Ultra, tapi perangkat ini menunjukkan kelas tersendiri sebagai perangkat high-end versi "jumbo" yang menjadi andalan pembuatnya. Di balik fisiknya yang elegan, minimalis dan dibuat dengan indah itu, Xperia Z Ultra menyimpan tenaga buas. Dapur pacu perangkat ini diperkuat prosesor Snapdragon 800 berkecepatan 2,3 GHz yang tak lain merupakan salah satu prosesor mobile berbasis ARM terkencang yang ada sekarang. Hasilnya bisa dilihat dalam bentuk angka-angka fantastis di berbagai benchmark yang mendudukkan Xperia Z Ultra di urutan teratas. Kinerjanya melewati sang kakak, Xperia Z, apalagi kalau dibandingkan dengan para jagoan tua dari generasi terdahulu. Besarnya kekuatan Xperia Z Ultra tersalur pada pengalaman memakainya yang bebas lag, meski ponsel ini terasa sedikit panas ketiga menjalankan aplikasi kelas berat, seperti game dengan grafis kompleks.

Performa mumpuni tak lantas membuat Xperia Z Ultra jadi boros daya. Berdasarkan pengalaman, baterai 3.000 mAh milik perangkat ini ternyata bisa bertahan lebih dari seharian tanpa terhubung ke charger. Untuk memperpanjang umur baterai Xperia Z Ultra, Sony turut menyediakan sebuah mode khusus bernama "Stamina Mode", di mana perangkat ini akan mematikan koneksi data dari jaringan seluler dan wifi ketika ponsel dalam keadaan Sleep. Download dan upload yang sedang dilakukan akan diselesaikan dulu sebelum memutus koneksi data dalam Stamina Mode. Pengguna pun masih bisa menerima panggilan dan SMS, serta mendengar musik. Perkiraan waktu hidup baterai pada gambar di atas terlalu optimis, tapi, pada kenyataannya, manfaat "Stamina Mode" memang lumayan terasa. Dalam mode ini, Xperia Z Ultra mampu bertahan hingga sekitar dua hari tanpa charger. Sisi negatifnya, ponsel hanya akan mengambil data dari koneksi seluler dan WiFi begitu "dibangunkan" dari kondisi Sleep. Ini berarti notifikasi dari media sosial dan update aplikasi bisa datang bertubi-tubi karena sebelumnya tidak diteruskan ke ponsel. Ingin lebih hemat lagi? Ada pilihan "Low Battery Mode" yang akan menekan penggunaan daya lebih jauh dengan mematikan beberapa fungsi non-vital.

Beralih ke ketangguhan fisik, salah satu kemampuan khusus yang dimiliki Xperia Z Ultra adalah ketahanan terhadap air dan debu. Berdasarkan spesifikasi dari Sony, perangkat ini mampu bertahan terendam air di kedalaman 1 meter selama 30 menit. Ketika terendam itu, layar Xperia Z Ultra tak bisa menerima input. Tapi pengguna masih bisa merekam video dengan menjalankan perekaman sesaat sebelum merendam ponsel di dalam air. Perlu diperhatikan bahwa semua penutup konektor Xperia Z harus berada dalam keadaan tertutup rapat untuk mencegah air masuk, kecuali bagian konektor jack audio 3,5mm yang memang dibiarkan terbuka. Sebelum menancapkan headphone, pastikan lubang konektor tersebut sudah benar-benar kering.

Spesifikasi Sony Xperia Z Ultra



GENERALNetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900, 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
LAYARTipeCapacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran080 x 1920 pixels, 6.4 inches (~344 ppi pixel density) Multitouch up to 10 fingers Protection Shatter proof and scratch-resistant glass - Triluminos display
DIMENSIUkuran/Berat179.4 x 92.2 x 6.5 mm / 212 g
AUDIOFiturVibration
MP3 ringtones
Jack3,5 mm Jack Audio
SpeakerphoneYa
MEMORYInternal16 GB, 2 GB RAM
EksternalmicroSD, up to 64 GB
DATA3GHSDPA, 42 Mbps; HSUPA, 5.8 Mb
EDGEUp to 296 kbps
GPRSUp to 107 kbps
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
BluetoothYa, v4.0 with A2DP
InfraredTidak
USB/PortYes, microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go, NFC
KAMERAPrimer8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, Geo-tagging, touch focus, face detection, image stabilization, HDR, sweep panorama
SekunderYa, 2 MP, 1080p@30fps
Video RecordYa, 1080p@30fps, video stabilization, HDR
BATERAITipeNon-removable Li-Ion 3050 mAh battery
StandbyUp to 790 h (2G) / Up to 820 h (3G)
Talk TimeUp to 14 h (2G) / Up to 16 h (3G)
FITUROSAndroid OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
CPUQualcomm MSM8274 or MSM8974 Snapdragon 800 CPU Quad-core 2.2 GHz Krait 400 GPU Adreno 330 Accelerometer, gyro, proximity, compass
BrowserHTML5
GPSYa, with A-GPS support and GLONASS
MessagingSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM, RSS
JavaYa, via Java MIDP emulator, Fitur tambahan: - IP58 certified - dust and water proof - Water resistant up to 1 meter and 30 minutes, Stereo FM radio with RDS, - SNS integration - TV-out (via MHL A/V link) - Active noise cancellation with dedicated mic - Document viewer - Photo viewer/editor - Voice memo/dial - Predictive text input
FITUR LAINMultiple SIMTidak
Video PlayerDivX/Xvid/MP4/H.263/H.264/WMV player
MP3 PlayerMP3/eAAC+/WMA/WAV/Flac player
Audio RecordYa
TV

Harga Sony Xperia Z Ultra Termurah

Smartphone Android Sony Xperia Z Ultra ini dibandrol di pasaran dengan harga Rp 7.299.000

Referensi Review, Spesifikasi dan Update Harga :